Senin, 21 Juni 2010

by, mjenisay

Presentasi adalah salah satu aktifitas yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian seorang karyawan. Hal ini adalah salah satu bentuk dari komunikasi atau penyampaian informasi antar personel yang berkepentingan di kantor. Umumnya presentasi dilakukan di dalam rapat tim, untuk melaporkan progress kerja kepada atasan, atau meyakinkan klien. Secara mendasar, kesuksesan sebuah presentasi sendiri ditentukan oleh sampai tidaknya informasi yang disampaikan dalam presentasi tersebut ke dalam targeted audience.

Namun tidak mudah untuk mencapai tujuan tersebut. Walaupun bagi sebagian orang berbicara di depan khalayak adalah hal yang mudah bahkan menyenangkan, tetapi ada beberapa karyawan yang need more effort untuk menyampaikan presentasi dengan efisien dan efektif sehingga tujuannya bisa tercapai. Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda sebagai karyawan agar presentasi Anda berjalan dengan lancar dan efektif.

1. Penguasaan materi
Jika Anda yang akan melakukan presentasi, tentunya Anda yang akan membangun struktur presentasi dari materi yang sudah Anda pahami secara menyeluruh. Pastikan Anda menguasai bahan materi terlebih dahulu, dan buatlah daftar pertanyaan yang mungkin muncul dari pemirsa presentasi Anda.

2. Tentukan tujuan, maksud dan pendengar dari presentasi yang akan Anda sampaikan.
Jawaban pertanyaan tersebut memudahkan Anda untuk membuat struktur presentasi. Contohnya, Anda bisa menyebutkan tujuan presentasi Anda di segmen awal, menjelaskan dengan brief topic yang akan disampaikan, alasan mengapa Anda mempresentasikan topic tersebut dan harapan Anda terhadap audiens. Di segmen presentasi selanjutnya Anda bisa menjelaskan topik presentasi secara menyeluruh, lalu ditutup dengan kesimpulan dan harapan Anda di akhir presentasi .

3. Singkat dan sederhana.
Percayalah bahwa pemirsa Anda tidak akan ingat semua detail yang disampaikan dalam waktu yang singkat. Sebutkan hal-hal yang paling penting dari presentasi Anda. Ingatlah bahwa presentasi yang terlalu lama dan panjang akan membosankan pemirsa.

4. Manfaatkan bantuan visual.
Gunakan slide, power points, bahkan video untuk membantu Anda menyampaikan maksud presentasi Anda. Ingatlah bahwa Anda harus mengecek semua kelengkapan alat dan file sebelum presentasi, dan pastikan Anda tahu bagaimana mengoperasikannya.

5. Perhatikan gaya penyampaian slide, file power points atau video yang akan Anda gunakan.
Sesuaikan dengan presentasi yang akan sampaikan. Anda tentu tidak disarankan untuk menggunakan animasi yang berlebihan ketika Anda mempresentasikan pertanggung-jawaban divisi Anda di depan manajemen.

6. Jangan menyebutkan atau menyampaikan informasi statistik terlalu banyak di presentasi Anda.
Sampaikan hal tersebut dengan lebih detail di handout yang dibagikan untuk pemirsa Anda.

7. Datanglah lebih cepat dihari presentasi.
Selain memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan ruangan tempat Anda menyampaikan presentasi, Anda juga bisa sekali lagi mengecek kelengkapan presentasi Anda seperti, hand out yang harus dibagikan, slide, power point files atau video yang harus ditayangkan, pengaturan duduk audiens yang Anda inginkan dan lain sebagainya.

8. Berlatih intensif sebelum hari H.
Jangan segan untuk latihan presentasi di depan beberapa rekan Anda yang terpercaya. Minta masukan apa yang sebaiknya Anda harus tambahkan atau kurangi. Selain itu latihan yang berulang akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

9. Bahasa tubuh
Hindari melakukan gerakan yang sama berulang-ulang kali karena akan mengalihkan perhatian audience. Walaupun Anda menggunakan bantuan visual seperti slide atau video, jangan membelakangi audiens selama Anda presentasi.


Job Vacancy , Indonesia Job , Job Indonesia


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar